Kesalahan Domba




Oh Baginda Raja.
Mengapa domba domba kesayangan ku kau bunuh,?Lalu Kau tinggalkan bulu-bulunya.
Apa salahku baginda raja??
"Apa Kau pernah lihat kelakuan dombamu itu ????!! Mereka makan semua tanaman dikebun rakyat ku!! Tegas raja dengan nada marah
"Tapi raja, mereka hanya hewan, mereka tidak pernah tau itu kebun rakyat-rakyat mu"
"Apa kau tau itu kebun rakyat ku?
'tau baginda raja"
"Lantas mengapa kau biarkan mereka??"
"Saya berpikir domba-domba saya hanya akan makan sedikit dari kebun rakyat Mu, saya biarkan, sambil saya melanjutkan pekerjaan yang lain, setelah saya kembali saya lihat semua domba saya mati,"
"Baiklah, aku berikan untukmu domba peliharaan ku, namun kau yang aku bunuh!!" Teriak Baginda Raja,
"Ampun Baginda ,,ampunkan saya,"
"Hei fulan, kemarilah,"
Si Fulan mendekati Baginda Raja,,
"Ku beritahu kau sesuatu, akibat yang timbul dari perbuatan domba mu itu,, rakyatku akan kehilangan bahan makan untuk mereka bertahan selama selama setahun kedepan, sekarang kau lihat kebun itu, bagaimana nasib mereka besok?lusa? Mereka harus memulai kembali dari awal, sedang mereka tidak memakan daging sedikit pun"
"Maaf baginda raja aku benar-benar tidak tau akan jadi seperti ini"
"Aku maafkan, asal kau mau menjual daging domba ini ke negara tetangga dan kembali dengan bibit tanaman serta bahan makan mereka selama 6 bulan ini,"
"Lantas bagaimana dengan nasibku nanti baginda?  bukankah ini juga salah rakyat mu yang tidak memberi pagar di kebun nya"
"Kau benar-benar tidak memaknai fulan, kau simak baik-baik perkataan ku, KESALAHAN ORANG LAIN BERADA DI MATAMU, DAN KESALAHAN MU BERADA DIPUNDAKMU"
"Baik baginda, aku mengerti, sekali lagi maafkan aku baginda" si fulan menahan air mata sekaligus bergegas meninggalkan Baginda Raja
Previous
Next Post »